Ditengah gempuran dunia yang semakin melek digital, tentunya membuat banyak perusahaan atau brand berlomba-lomba untuk semakin go digital. Bukan berarti media konvensional sudah dilupakan, namun kombinasi antara media konvensional dan digital tentunya dapat membuat strategi pemasaran menjadi lebih maksimal. Lalu, gimana cara bikin strategi digital marketing yang baik?
Kenalan dulu sama Digital Marketing
Digital marketing merupakan sebuah kegiatan pemasaran yang memanfaatkan media digital atau internet. Digital marketing ini tentunya penting untuk diterapkan, terutama untuk menyasar target audiens dengan usia yang lebih muda, seperti Millennials dan Gen Z.
Dilihat dari tren, pengguna internet di Indonesia terus meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Masyarakat menjadi sangat terbiasa dengan kehadiran internet, apapun bisa ditemukan dan terkoneksi melalui internet. Jadi, nggak ada alasan buat brand untuk nggak ikut-ikutan terjun ke dunia digital marketing.
Terus gimana langkah yang tepat untuk bikin strategi digital marketing?
Ada beberapa hal yang perlu kita lakukan dan kita terapkan sebagai langkah awal untuk membuat strategi digital marketing yang tepat.
Jangan pernah lupakan RISET!
Riset ini menjadi pondasi untuk membuat sebuah strategi digital marketing, tanpa riset, kita nggak akan pernah tau gimana kondisi pasar, kondisi target audiens, dan trend yang ada saat ini. Campaign yang baik tentunya diawali dengan riset yang baik juga.
Apapun bentuk risetnya, pastikan insight dan data yang kamu dapatkan adalah fakta yang valid dan bisa berguna untuk strategi atau campaign yang akan kamu buat nantinya.
Ketahui Problem dan Objective Strategi
Penting untuk mengetahui kondisi brand sebelum membuat strategi digital marketing. Tantangan apa yang sedang dialami oleh brand? Kemudian goal apa yang ingin dicapai oleh brand melalui strategi digital marketing? Pertanyaan-pertanyaan ini tentunya bisa terjawab melalui insight dan data yang kita dapatkan saat melakukan riset.
Selain melalui riset, kamu bisa menerapkan rumus SMART dalam menentukan objective atau tujuan campaign (Specific, Measurable, Achievable, Relevant, Timed).
Perhatikan Perkembangan Trend Digital
Poin yang nggak kalah penting ketika kamu akan membuat strategi digital marketing adalah trend. Tren pada dunia digital terus berputar dengan cepat, selalu ada kebaruan yang memaksa kita untuk selalu mengikuti trend tersebut. Ada banyak trend yang bisa kamu perhatikan, mulai dari hal-hal yangs sedang menjadi topik pembicaraan, apa yang kini disukai dan tidak disukai audiens, perkembangan channel digital marketing, dan lain-lain.
Contohnya perkembangan social media menjadi social commerce yang merupakan gabungan antara media sosial dan e-commerce.
Strategi digital marketing yang baik tentunya nggak muncul secara tiba-tiba, ada proses riset yang mendalam untuk bisa menentukan strategi yang tepat. Jangan lupa terapkan beberapa tips di atas supaya strategi yang kamu buat nggak sia-sia ya!